Powered by Blogger.

Guru Lulusan CPNS Tahun Ini ke Pedalaman

serambinews.com

TAPAKTUAN - Bupati Aceh Selatan, Husin Yusuf berjanji akan segera mencukupkan jumlah guru di sekolah-sekolah terpencil di daerah tersebut. Caranya, selain akan mengembalikan guru ke daerah asalnya di pedesaan, juga akan menempatkan 70 persen guru lulusan CPNS tahun ini menjadi tenaga pengajar di daerah terpencil.

“Dalam waktu dekat ini kita akan distribusikan guru ke sekolah-sekolah yang berada di daerah-daerah terpencil,” kata Bupati Aceh Selatan, Husin Yusuf kepada Serambi, Jumat (14/10), terkait dengan permintaan para wali murid di Kecamatan Trumon dan Trumon Tengah baru-baru ini.


Dikatakan, pada dasarnya jumlah guru di semua sekolah di pedalaman sudah memadai, namun belakangan jumlahnya berkurang karena banyak yang minta pindah ke pusat kecamatan dan pusat kabupaten ketika konflik bersenjata  melanda daerah ini.

“Kondisi ini tidak hanya terjadi di daerah terpencil, namun sejumlah sekolah di kecamatan yang berdekatan dengan pusat kabupaten juga masih mengalami hal yang sama,” kata Bupati. Selain mengembalikan tenaga pengajar ke daerah asalnya, kata Husun Yusuf, pemetaraan guru juga akan dilakukan dengan menempatkan para tenaga pengajar yang baru lulus CPNS. SK para CPNS formasi 2010 itu akan diserahkan akhir Oktober 2011.

“Sebanyak 70 persen guru CPNS itu akan ditempatkan di daerah pedalaman yang jumlah tenaga pengajarnya masih kurang,” ujarnya. Bupati mengatakan, jumlah guru di Aceh Selatan, mencapai 4.000 orang. Sebagian besar guru tersebut bertugas di pusat kecamatan dan pusat kabupaten.

Sebelumnya diberitakan, para wali murid di Kecamatan Trumon dan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, meminta Pemkab setempat serius melakukan pemerataan tenaga pengajar  sebagai upaya  meningkatkan kualitras pendidikan di daerah ini. Camat Trumon, Isa Ansari, kepada Serambi, mengatakan, permintaan pemerataan tenaga pengajar itu disampaikan para pawa wali murid dalam pertemuan di SMA 1 Trumon, Selasa (11/10), sehubungan dengan masih minimnya jumlah tenaga pengajar di daerah pedalaman dan terpencil tersebut.

Kondisi ini membuat para siswa di daerah itu kewalahan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karena kualitas pendidikan di sekolahnya rendah. Meskipun ada yang lulus tes masuk perguruan tinggi hanya satu atau dua orang saja.
Tag : Tapaktuan
0 Komentar untuk "Guru Lulusan CPNS Tahun Ini ke Pedalaman"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top