Powered by Blogger.

Banjir Landa Empat Kecamatan di Aceh Selatan

harian-aceh.com

Tapaktuan | Harian Aceh – Hujan deras yang turun sejak  Selasa sore hingga Rabu (5/10) pagi, membuat empat kecamatan di Aceh Selatan dilanda banjir. Akses jalan menuju Betong dan Jambo Keupok terputus sepanjang 3 kilometer.

Di Kecamatan Pasie Raja, banjir terparah melanda Desa Lhok Sialang Rayaek. Selanjutnya Desa Rambong, Ujong Gunong Rayek, Beutong, dan Jambo Keupok di Kecamatan Kota Bahagia. Lalu Desa Cot Bayu dan Lhok Raya di Kecamatan Trumon Tengah, serta Desa Kapa Seusak di Kecamatan Trumon Timur.


“Rata-rata ketinggian air di wilayah tersebut mencapai dua meter. Hampir semua rumah warga di sana terendam,” kata Tamnir, Kepala Kemukiman Beutong.

Disebutkannya, total rumah warga yang terendam di Ujong Gunong Rayek sebanyak 100 rumah, Rambong 75 rumah, Beutong 80 Rumah, Jambo Keupok 43 rumah. “Enam sekolah dasar di wilayah ini juga diliburkan karena ketingggian air di halaman sekolah mencapai pinggang orang dewasa,” katanya.

Selain itu, puluhan hektar lahan perkebunan masyarakat di wilayah itu seperti tanaman coklat, sawit, sayur mayur, termasuk areal sawah terendam banjir.

“Jalan menuju Beutong di kilometer 11 dari Simpang Raja Bakongan sepanjang tiga kilometer tidak dapat dilalui. Ketinggi air di sana setinggi dada orang dewasa,” kata Tamnir.

Dia menjelaskan, desa-desa yang sekarang mengalami banjir setinggi lutut bisa naik menjadi 80 cm hingga satu meter, seperti kantor camat Kota Bahagia sebelumnya tidak masuk air kini sudah masuk. “Ini karena air dari Beutong telah turun ke darah itu,” katanya
Tag : News, Trumon
0 Komentar untuk "Banjir Landa Empat Kecamatan di Aceh Selatan"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top