Powered by Blogger.

Dewan Aceh Selatan Pertanyakan Pembangunan PLTB Kluet


Tapaktuan—Ketua Komisi D DPRK Aceh Selatan, Zulfar Arifin, mempertanyakan kelanjutan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) Kluet di Kecamatan Kluet Selatan, yang hingga saat ini masih terbengkalai.
“Peletakan batu pertama tanda dimulai pembangunan PLTB Kluet itu dilakukan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada 1 November 2010, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dikerjakan, padahal pengembang berjanji awal 2012 sudah dapat dioperasionalkan” kata Zulfar Arifin, Sabtu (19/11).
Pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga angin di pesisir pantai Gampong (Desa) Suak Bakong Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan yang diperkirakan menghabiskan biaya Rp130 miliar itu sejak satu tahun terakhir terbengkalai.

“Kami berharap pengembang serius untuk membangun PLTB itu, jangan hanya berjanji, masyarakat telah mempertanyakan, pemkab Aceh Selatan juga harus bertanggungjawab terhadap permasalahan ini,” katanya.
Sejak pascapeletakan batu pertama proyek pembangunan PLTB tahun lalu telah dibangun pagar di areal seluas delapan hektare.
“Pembangunan pagar itu pun belum seluruhnya tuntas dikerjakan sehingga masyarakat bertanya-tanya,” katanya menambahkan.
Menurutnya, PLTB Kluet yang semula direncanakan beroperasi pada awal 2012 itu memiliki daya 2 MW dan akan ditambahkan hingga 10 MW. Dengan Beroperasinya pembangkit ini diharapkan dapat mengatasi krisis listrik di wilayah pantai barat selatan Aceh.
PLTB Kluet itu juga disebut-sebut salah satu pembangkit listrik dengan energi terbarukan terbesar di Indonesia dari sisi kapasitas produksi daya.
Walaupun sampai saat ini pembangunan turbin angin masih belum dapat menyaingi pembangkit listrik konvensional seperti PLTU, dan PLTA, turbin angin terus dikembangkan oleh para ilmuwan karena dalam waktu dekat manusia akan dihadapkan dengan masalah kekurangan sumber energi batubara, minyak bumi dan gas sebagai bahan dasar untuk membangkitkan listrik.
harian-aceh.com
Tag : kluet, News
0 Komentar untuk "Dewan Aceh Selatan Pertanyakan Pembangunan PLTB Kluet"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top