Powered by Blogger.

Luberan Tinja Akibat Saluran Pembuang Sumbat

TAPAKTUAN - Direktur RSUYA Tapaktuan, dr Akmal Jawardi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelitian tentang penyebab melubernya tinja di ruangan rawat inap VIP yang terjadi sejak 6 November lalu. Kesimpulannya, tinja meluber bukan karena bocornya instalasi, melainkan karena tersumbatnya pipa pembuangan.

Hal itu disampaikan Akmal Jawardi kepada Serambi, Kamis (24/11) meluruskan berita  tentang tinja meluber di ruang rawat inap VIP yang terbit dua kali di harian ini, yakni edisi Sabtu (12/11) dan Sabtu (19/11).


Ia menjelaskan, selain telah mengerahkan truk tinja untuk menguras kotoran di dalam septic tank di perkarangan gedung, pihaknya juga sudah mencari penyebab melubernya tinja tersebut. Namun pihaknya mengakui tidak ditemukan adanya kerusakan pada instalasi dan pipa pembuangan. “Tidak ada kerusakan, septic tank dan instalasi pembuangan dalam keadaan baik,” katanya.

Ia yakin melubernya tinja yang menyebabkan ruangan rawat inap VIP yang baru rampung dibangun itu dibanjir kotoran manusia itu akibat tersumbatnya pipa pembuangan yang disebabkan oleh pembalut wanita, celana dalam dan sisa makanan yang dibuang oleh keluarga pasien. Sebab ketika dilakukan penyiraman air tersebut tidak mengalir ke dalam tank. 

“Kita sudah siramkan air ke dalam pipa itu, tapi tidak sampai mengalir ke septic tank yang sudah dikosongkan itu,” ujarnya.

Akmal Jawardi menambahkan, meski pipa pembuangan itu akan diperbaiki secepatnya, bukan berarti gedung bertingkat tersebut akan difungsikan kembali. Sebab gedung rawat inap yang berjumlah 22 ruang itu hingga kini belum dilengkapi alat kesehatan dan mobiler lainnya. “Ruangan rawat inap VIP itu akan difungsikan kembali setelah dilengkapi alat kesehatan dan mobiler,” tegasnya sembari mengatakan, seluruh ruangan rawat inap VIP yang dibanjiri kotoran manusia itu sudah dibersihkan.

Seperti diberitakan, sejumlah ruangan di gedung rawat inap Very Important Person (VIP) Rumah Sakit Umum dr Yulidin Away (RSUYA) Tapaktuan, Aceh Selatan, dibanjiri tinja manusia yang meluber dari instalasi pembuangan yang bocor. Akibatnya, pasien yang sedang dalam rawatan terpaksa diungsikan ke ruang lain agar tidak terkontaminasi kuman dan bau tinja yang menyengat.
Tag : News, Tapaktuan
0 Komentar untuk "Luberan Tinja Akibat Saluran Pembuang Sumbat"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top