Powered by Blogger.

SMA Unggul Tapaktuan Gelar Lomba Sains dan Seni


Tapaktuan-- SMA Unggul Tapaktuan menggelar perlombaan bidang Sains dan Seni tingkat SMA se-Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (12/11/2011). Perlombaan tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Selatan Tgk, Husin Yusuf. S.Pd.I.
Ketua panitia penyelengara perlombaan Wardansyah,S.Pd dalam laporannya mengatakan even tersebut hanya diikuti lima sekolah dari 11 SMA plus satu MAN yang telah diundang, yakni SMA Unggul Tapaktuan (tuan rumah), SMAN 1 Tapaktuan, SMAN 2 Samadua, SMAN Bakongan dan MAN Unggul Tapaktuan.
 “Tujuan pokok kegiatan ini adalah menghargai dan memberikan apresiasi terhadap karya cipta siswa yang telah dilakukannya selama ini, selain itu dalam rangka membiasakan siswa dalam budaya lomba dibidang Sains dan Seni termasuk bidang-bidang lainnya,” kata ketua panitia.
Menurut guru bidang studi Metematika di SMA Unggul tersebut, ada tiga bidang yang diperlombakan, meliputi Sains, Seni dan Bazar makanan berbahan baku ubi. Lebih lanjut ia menerangkan yang dimaksud dengan bidang Sains, materi diperlombakan merupakan hasil karya siswa, berupa tehnologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan biaya rendah.

Sedangkan karya seni adalah hasil kerajinan tangan yang dapat dilakukan oleh siswa dan mempunyai nilai ekonomi.  Selain itu menciptakan adonan terhadap penggunaan bahan baku ubi sebagai makanan pokok alternatif selain nasi yang dapat disukai masyarakat.
Bupati Aceh Selatan Tgk. Husin Yusuf, S.Pd.I mengatakan untuk kegiatan seperti ini, tidak ada alasan pemerintah tidak membantu, sebab 20 persen dari pendapatan dan belanja daerah diperuntukkan dunia pendidikan.
“Karenanya kami mengharapkan bidang perlombaan dapat diperluas dengan bidang-bidang lainnya, sebab, dengan banyaknya perlombaan, dapat memotivasi siswa untuk terus giat menggali dan melakukan inovasi-inovasi,” katanya pada pidato pembukaan perlombaan seraya meminta pihak Dinas Pendidikan setempat memfasilitasi perlombaan seperti ini, dapat dilaksanakan disekolah-sekolah lain tidak hanya di SMA Unggul.
Pada kesempatan itu, Bupati Husin juga menegaskan tidak akan menghilangkan cirri khas SMA unggul dengan meleburkannya menjadi SMAN 3 Tapaktuan. “ Kalau mau buat SMA 3 dibangun lain, namun SMA Unggul tetap ada,” terangnya.
Bupati beserta rombongan selanjutnya meninjau seluruh stan perlombaan dan berdialog dengan para siswa yang berkompetisi sesuai team, terkadang Bupati meminta diperagakan seperti pada SMAN 1 Tapaktuan yang menampilkan roket tenaga angin dari bekas botol minuman mineral.
Keputusan dewan juri untuk perlombaan tersebut dinyatakan SMAN Unggul Aceh Selatan Juara I Bidang Sains. Disusul  SMAN 1 Tapaktuan Juara II dan  Juara III kembali direbut SMAN Unggul.
SMAN 1 Bakongan merebut Juara I bidang karya seni. Juara II MAN Unggul Tapaktuan dan Juara III SMAN Unggul. Bidang bazar makanan. Juara I SMAN 1 Tapaktuan. Juara II SMAN Unggul dan Juara III MAN Unggul Tapaktuan.

sumber: acehselatankab.go.id
Tag : News, Tapaktuan
0 Komentar untuk "SMA Unggul Tapaktuan Gelar Lomba Sains dan Seni"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top