Powered by Blogger.

5.300 Desa di Indonesia Telah Terhubung Internet

Ilustrasi
MATARAM - Menkominfo Tifatul Sembiring menyatakan pembangunan desa Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) akan selesai akhir Desember ini. Sementara itu, dari total 5.874 desa yang akan dibangun, sudah ada 5.300 desa yang selesai.

"Saat ini ada yang sudah dipasang tapi belum berjalan, karena masih menunggu Sistem Informasi Manajemen Pusat Layanan Internet Kecamatan (SIM PLIK) yang dibangun di Jakarta. Data bulan Oktober menujukkan dari 5.874 desa, sudah selesai 5300 desa. Saya akan cek lagi akhir Desember ini, target seluruhnya akan selesai akhir Desember," kata Tifatul, ketika ditemui di sela-sela peresmian desa informasi Janapriya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (12/12/2011). 



"Dari SIMPLIK yang dibangun di Jakarta, semua PLIK terkontrol mana yang mati, mana yang hidup, mana yang connect, mana yang tidak connect. Inilah yang mengatur semua lalu lintas, termasuk pengawasan," tambahnya.

Sedangkan untuk masalah opersional PLIK tersebut, Tifatul menerangkan biayanya sejauh ini masih ditangani oleh operator.

Pemerintah membangun kemudian disewa selama lima tahun, dan setelahnya akan dikelola oleh swasta. Dia mengharapkan seluruh kecamatan sudah masuk PLIK. Tahun ini ada tambahan Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) sebanyak 1.908 unit.

Mengenai maslah perawatan infrastruktur PLIK dan MPLIK, dia mengatakan sejauh ini diserahkan kepada operator. Termasuk jika terjadi kerusakan.

Tujuan desa informasi ini, menurut Tifatul adalah agar masyarakat lebih mudah mengatasi kesenjangan informasi antara pusat dan daerah. Untuk tujuan tersebut, maka didirikanlah desa berdering, desa internet, PLIK, MPLIK, juga televisi masuk desa.OKEZONE.COM
Tag : News, Teknologi
0 Komentar untuk "5.300 Desa di Indonesia Telah Terhubung Internet"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top