Powered by Blogger.

Empat Kasus Korupsi Masih Mengambang


TAPAKTUAN-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas Masyarakat Anti Korupsi (Somasi) Aceh Selatan, mendesak penegak hukum, terutama pihak kejaksaan dan kepolisian untuk segera menyelesaikan penangan sejumlah tunggakan kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di Kabupaten Aceh Selatan

“Kejaksaan dan kepolisian harus menuntaskan penanganan perkara korupsi yang terjadi di daerah itu. Hal ini untuk menghindari timbulnya prasangka yang negativ dari kalangan masyarakat,” kata Koordinator Somasi, Saiful Bismi, dalam press realisnya yang dikirim ke Serambi, Minggu (11/12).


Dikatakan Saiful, berdasarkan catatan Somasi masih ada sejumlah kasus besar yang saat ini masih menjadi tunggakan yang belum diselesaikan penanngannya baik pada tahap penyelidikan maupun pada tahap penyidikan yang ditangani oleh pihak kejaksaan dan kepolisian

Kasus-kasus tersebut di antaranya kasus pengadaan komputer di dinas pendidikan tahun 2009, kasus pengadaan hand tractor di dinas pertanian tahun 2001, kasus pembangunan rumah transmigrasi lokal di Kecamatan Trumon, tahun 2009, yang saat ini masih ditangani oleh pihak Kejaksaan Negeri Tapaktuan.

Sedangkan kasus besar yang ditangani oleh pihak kepolisian, yaitu kasus pengadaan bibit kakao di dinas perkebunan Kabupaten Aceh Selatan tahun 2009. Ke empat kasus indikasi tindak pidana korupsi tersebut hingga kini masih mengambang meskipun sudah ada penetapan tersangka.  Kondisi ini menimbulkan pertanyaan besar di kalangan masyarakat, apalagi adanya beberapa kasus korupsi yang penanganannya sudah memakan waktu sampai satu tahun lebih, seperti kasus pengadaan komputer di dinas pendidikan.

Karena itu, Somasi berharap agar tunggakan kasus-kasus besar yang sudah diketahui oleh public itu segera dituntaskan, sehingga tidak timbul prasangka yang negativ dari berbagai kalangan masyarakat terhadap kinerja penegak hukum dalam menangani kasus tindak pidana korupsi di negeri pala ini.

“Penanganan kasus korupsi ini perlu secepatnya dituntaskan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindakan korupsi baru yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu,” ujarnya.
Tag : News
0 Komentar untuk "Empat Kasus Korupsi Masih Mengambang"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top