Powered by Blogger.

Tanggul Gunong Lokriet Ambruk, Jalur Tapaktuan-Blang Pidie Terancam Lumpuh



TAPAKTUAN
- Sekitar 10 meter tanggul beton pengaman badan jalan nasional di Gunung Kliet, Desa Mutiara, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan yang baru dua pekan dibangun, ambruk ke dasar jurang. Jika tidak segera ditanggulangi bisa  mengakibatkan transportasi darat Blangpidie-Tapaktuan terputus total.

Hendri Yono, anggota DPRK Aceh, kepada Serambi, Jumat (30/12) mengatakan, tanggul pengaman tebing jalan di penanjakan Gunung Kliet Desa Mutiara Sawang itu, ambruk Selasa (27/12) sore setelah kawasan itu diguyur hujan lebat.

Menurutnya, panjang tanggul pengaman badan jalan yang ambruk ke dasar tanah kebun warga dengan kedalaman sekitar 15 meter itu sekitar 10 meter. Hendri Yono mengakui beberapa hari sebelumnya sudah memperkirakan tanggul beton yang dibangun baru sekitar dua pekan itu akan amblas, karena bangunan itu tidak menggunakan tiang besi, sehingga sangat mudah amblas ketika dilalui armada bermuatan berat, terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini.


“Seharusnya tanggul pengaman di pinggir jurang ini dibuat tanggul beton bertulang besi, sehingga daya tahannya bisa dijamin. Sebab jalan ini bukan hanya di lewati kenderaan pribadi, namun juga dilintasi armada bermuatan berat seperti tronton melebihi kapasitas daya tahan jalan,” katanya.

Selain mencemaskan warga yang bermukim di kaki gunung itu, peristiwa itu juga meresahkan para pengguna jalan, karena kerusakan tanggul beton di tikungan itu kini semakin meluas akibat diterjang air yang mengalir dari atas bukit. 

Jarak bibir jurang dengan badan jalan hanya tersisa 5 centimeter lagi. Bahkan pada Rabu (28/12) sore seorang pengendara sepeda motor terguling-guling jatuh ke dasar jurang ketika menghidar dari mobil truk yang datang dari berlainan arah.

Dikatakan Hendri Yono, kerusakan tanggul itu harus ditanggulangi secepatnya, jika tidak bisa mengakibatkan transportasi darat Tapaktuan-Medan terputus total. “Kita mengharapkan kepada rekenan supaya segera memperbaiki kembali tanggul yang amblas itu. Jika tidak  jalan nasional Tapaktuan-Medan itu akan terputus total,” katanya.(az)

* tanggapan bina marga
Belum Ada Laporan


KABID Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aceh Selatan, Yuliadi ST yang dihubungi seraca terpisah terkait masalah itu, mengakui belum mendapat laporan tentang amblasnya tanggung pengaman badan jalan nasional di kawasan Gunung Kliet, Desa Mutiara Sawang. Dan dia juga mengakui tidak tahu berapa jumlah dana dan siapa kontraktor pelaksana proyek pembangunan tanggul itu.

“Proyek pembangunan tanggul pengaman badan jalan nasional di kawasan Gunung Kliet Desa Mutiara, Kecamatan Sawang itu dibiayai tingkat provinsi. Kita tidak tahu berapa dana dan  perusahaan yang mengerjakan proyek pembangunan tanggul tersebut,” katanya.
Tag : News
0 Komentar untuk "Tanggul Gunong Lokriet Ambruk, Jalur Tapaktuan-Blang Pidie Terancam Lumpuh"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top