Powered by Blogger.

Gajah Liar Kembali Resahkan Trumon

TAPAKTUAN - Warga Gampong Pinto Rimba, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, sejak empat hari terahir kembali dibuat resah oleh kehadiran seekor gajah liar ukuran besar yang berkeliaran di pemukiman penduduk dan merusak tanaman warga. 

Kendati pada Jumat (23/3) malam, puluhan warga memburu gajah liar tersebut dengan menggunakan petasan. Namun upaya pengusiran secara tradisional itu tidak membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Kasmi (30), salah seorang warga setempat yang menghubungi Serambi, Jumat (23/3) malam mengaku, sedikitnya 50 orang warga dikerahkan ke hutan untuk memburu gajah liar tersebut menggunakan petasan. Namun, hingga pukul 23.18 WIB belum membuahkan hasil. Gajah liar tersebut hanya sebentar menghindar dan kemudian muncul kembali merusak tanaman warga.

“Tadi sempat terlihat, namun setelah mendengar bunyi petasan gajah liar itu langsung minggat dan kemudian muncul lagi,” kata Kasmi yang mengaku pada saat itu sedang berada di lokasi bersama puluhan warga lainnya.

Dikatakannya, kehadiran gajah liar itu bukan pertama kali terjadi di desa mereka, bahkan hampir saban tahun gajah yang hidup di hutan belantara itu masuk kampung dan mengobrak-abrik tanaman warga. 

“Kami berharap pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) tidak tinggal diam dan harus segera menindak lanjuti persoalan ini. Sebab kehadiran gajah liar itu sudah sangat meresahkan warga,” pinta Kasmi.

Keuchik Desa Pinto Rimba, Zakaria Isa, yang dikonfirmasi Serambi via telpon selulernya, Jumat (23/3) malam juga membenarkan adanya kejadian itu. Dia mengaku sudah mengerahkan seluruh warga untuk memburu gajah tersebut supaya tidak lagi berkeliaran di pemukiman penduduk dan merusak tanaman warga. “Gajah liar itu sudah empat hari berkeliaran di pemukiman penduduk, bahkan juga sempat merusak tanaman warga,” papar Zakaria Isa.

Ia mengatakan, upaya pengusiran secara manual atau tradisional seperti melempar bola api, membuat api unggun dan bunyi-bunyian petasan itu sudah sering dilakukan, namun belum menunjukan hasil yang mnaksimal.

Untuk itu dia bersama warganya berharap pihak terkait bisa segera menurunkan tim untuk mengamankan gajah-gajah liar tersebut sebelum terjadinya tindakan anarkis dari warga sekitar. “Kami sudah tidak tahu berbuat apalagi untuk mengatasi gangguan gajah ini, jika tidak segera ditangani oleh dinas terkait saya khawatirkan warga akan berbuat anarkir terhadap satwa langka itu,” pungkasnya.
sumber: serambinews.com

Tag : News, Trumon
0 Komentar untuk "Gajah Liar Kembali Resahkan Trumon"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top