Powered by Blogger.

Abuya Profesor Dimakamkan di Labuhan Haji


TAPAKTUAN -serambinews.com---  Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan ikut menghadiri prosesi pemakaman ulama karismatik Aceh, Abuya Prof Dr Tgk H Muhibuddin Waly di Kompleks Dayah Pesantren Darussalam, Desa Blang Paroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (8/3) pukul 23.30 WIB.

Semula, pemakaman jenazah ulama yang pernah tercatat sebagai anggota DPR RI di awal era reformasi itu direncanakan di dekat Mushalla Nusof Gampong Lamreung Lampeuneurut, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Tapi kemudian setelah ada urun rembuk keluarga besar Abuya Syekh Muda Waly Al-Khalidy, akhirnya disepakati pemakaman dilakukan di Kompleks Dayah Pesantren Darussalam, Blang Poroh, Labuhan Haji Barat.

Kabar tentang jenazah “Abuya Doktor”--panggilan akrab almarhum Abuya Muhibuddin Waly--akan dikebumikan di Kompleks Dayah Pesantren Labuhan Haji cepat tersiar di seantero Aceh Selatan, Abdya, Nagan Raya, dan Aceh Barat, Kamis siang.


Mendapat kabar tersebut, para pelayat yang sebelumnya sudah siap-siap untuk berangkat ke Banda Aceh, akhirnya berbalik arah menuju Labuhan Haji Barat. Maka dari siang hingga malam ribuan pelayat membanjiri salah satu pesantren tertua yang telah banyak mencetak ulama di Aceh tersebut.

“Kami sudah menunggu jenazah sejak siang tadi. Kami benar-benar kehilangan, karena sosok beliau yang cukup teduh dan bijak dalam memberi nasihat serta mengambil keputusan selalu kami rindukan,” ujar H Tgk Abu Baihaqi Daud yang juga Pimpinan Daya Pesantren Babul Istiqamah Padang Hilir, Susoh, Abdya yang ditemui saat sedang melayat.

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf Saripuddin SIP langsung bertindak sebagai komandan penyambutan jenazah anak tertua ulama besar dan karismatik Aceh, Abuya Syaikh Muda Waly Al-Khalidy itu. Jenazah yang diberangkatkan dari Banda Aceh sekitar pukul 10.30 WIB dengan iring-iringan ratusan kendaraan itu, tiba sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebelum dimakamkan, jenazah beliau sempat disemayamkan sejenak di kediamannya dalam kompleks pesantren tersebut. Kemudian dishalatkan. Imamnya adalah Pimpinan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT), Abu Amran Waly yang tak lain adalah adik kandung almarhum.

Seusai shalat, ribuan pelayat larut dalam alunan zikir dan shalawat mengiringi proses pemakaman Abuya yang dikuburkan persis di dekat makam pendiri Pondok Pesantren Darusalam Abuya Syaikh Muda Waly, ayah kandung Abuya Prof Muhibuddin Waly.

Berpulangnya Abuya Muhibuddin Waly ke Rahmatullah menimbulkan duka mendalam di hati berbagai kalangan. Selain dikenal sebagai ulama besar dan karismatik, Abuya juga dikenal dan terlibat dalam berbagai kegiatan penting nasional. Ia dikenal sebagai seorang guru, tokoh sufi dan tarekat, serta politisi nasional yang disegani.
Tag : News
0 Komentar untuk "Abuya Profesor Dimakamkan di Labuhan Haji"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top