Powered by Blogger.

Menteri Pertanian kunjungi Trumon


TAPAKTUAN - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Ir H Suswono MMA, bersama rombongan, Rabu (28/3), sekira puku 11.30 WIB, tiba di Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka menghadiri kegiatan panen raya perdana jagung hibrida musim tanam 2012. Acara yang berlangsung di Desa Pinto Rimba, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan, itu turut didamping Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI.

Panen raya jagung hibrida yang ditandai dengan pemetikan perdana di areal kebun jagung itu juga turut dihadiri sejumlah pejabat teras Provinsi Aceh dan pejabat penting Aceh Selatan.

Bupati Aceh Selatan, Husin Yusuf, dalam sambutannya mengatakan, pengembangan jagung di Aceh Selatan dalam dua tahun terahir ini telah mengalami peningkatan cukup tinggi. Tahun 2011, luas areal tanam mencapai 5.000 hektare dengan produksi rata-rata 8 ton/hektare. Varietas yang dikembangkan antara lain, N.35, Bisi dan SHS 4.


“Jumlah produksi untuk tahun 2011 mencapai 30.000 ton. Sedangkan pada tahun 2012 ini terjadi peningkatan luas tanam jangung mencapai 10.000/hektare. Hal ini tentunya dipacu dengan adanya bantuan benih APBN-P akhir tahun 2011 yang lalu seluas 3.000 ha. Kita berharap produksi untuk tahun 2012 ini mencapai 60.000 ton,” kata Husin Yusuf.

Dikatakannya, budidaya jagung dikembangkan di 11 kecamatan, 3 kecamatan di Trumon Raya merupakan pusat pengembangan jagung.  Ia juga memohon Menteri Pertanian untuk dapat membantu benih jagung seluas 10.000 ha, gudang penyimpanan 4 unit, drayer 4 unit, Comseller 50 Unit dan Traktor Besar (50HP)/Jonder 8 unit.

Menanggapi keinginan tersebut, Mentan Ir H Suswono mengatakan, apapun yang menjadi kendala masyarakat petani di Aceh Selatan akan tetap diakomodir oleh Kementerian Pertanian. Dan masyarakat juga diharapkan bisa  melayangkan SMS ke Kementerian Pertanian jika mengalami keluhan dan kendala di lapangan.

“Karena sudah dikatakan bapak Bupati bahwa kabupaten ini akan dijadikan sentral jagung maka kita juga turut mengundang pelaku usaha sehingga hasil jagung di sini ke depan bisa diserap dengan harga bagus dan sesuai,” papar Suswono. Acara itu juga diisi tanya jawab antara petani dengan Mentan. serambinews.com
Tag : News
0 Komentar untuk "Menteri Pertanian kunjungi Trumon"

\bisnis paling gratis

Iklan

Back To Top